TOKOH SOSIOLOGI                                               

                                                           

                                                            PETER MICHAEL BLAU


        Peter Michael Blau adalah seseorang Sosiolog dan pemikir yang berasal dari Austria. Ia lahir di Wina, Austria, 7 Februari 1918. Ia berimigrasi ke Amerika Serikat tahun 1939 dan menjadi warga Amerika Serikat tahun 1943. Blau pernah mengenyam pendidikan di Universitas Columbia (1952) dan Elmhurst (1942). Selain iu, Blau juga perah mendapatkan penghargaan dari Beasiswa Guggenheim untuk ilmu sosial AS dan Kanada. Ia meningal pada 12 Maret 2002 di carrboro, Carolina Utara, Amerika. Sebagian besar dari sumbangan terhadap Sosiologi adalah dalam bidang organisasi kelompok.

        Blau mendapatkanpengakuan di bidang sosiologi karena kontribusinya bagi studi organisasi - organisasi formal yang empiris, dan juga buku - buku pelajaran yang di tulisnya mengenai organisasi yang dikutip secara luas. Dia meninggal dunia pada 13 Maret 2002. Dan dia memberikan sumbangan yang penting kepada sosiologi. Buku yang pernah ditulis oleh Blau salah satunya adalah Exchange and Power in Social Life (1964), yang merupakan komponen utama teori pertukaran. Buku lain yang pernah ditulis oleh Blau diantaranya adalah :

        - 1964 : Echange and Power in Social Life
        - 1967 : The American Occupational Structure 
        - 1970 : A Formal Theory of Differentiation on Organizaztions
        - 1977 : Inequality and Heterogenity : a primitive theory of social structure

        Meski Blau terkenal karena berbagai karya, yang menjadi perhatian di sini adalah kontribusinya  terhadap teori Sosiologi. Dan yang menarik adalah Ia telah memberikan kontribusi penting terhadap dua orientasi teoritis yang berbeda. Bukunya  Exchange and Power In Social Life (1964) merupakan komponen utama teori pertukaran masa kini. Kontribusi utama Blau tentang teori pertukaran pada kelompok berskala besar. Walaupun mengandung beberapa kelemahan, karyanya itu merupakan upaya penting untuk mengintegrasikan secara teoritis masalah sosiologi berskala luas dan berskala kecil. Blau pun berada di barisan terdepan pakar teori struktural.

        Selama masa jabatannya selaku presiden the American Sociological Association (1973 – 1974) Ia menjadikan teori struktural ini sebagai tema pertemuan tahunan asosiasi sosiologi itu. Sejak itu Ia telah menerbitkan sejumlah buku dan artikel yang direncanakan untuk menjelaskan dan mengembangkan teori struktural. Karya terakhirnya di bidang ini adalah Structural Contexts of Opportunities (1994), dan Crosscutting Social Circles edisi kedua (Blau dan Schwarz, 1997). 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Computer Graphic Desain_Perbandingan Adidas dan Nike

Tugas Sosiologi