Computer Graphic Desain_Perbandingan Adidas dan Nike
PERBANDINGAN ADIDAS DAN NIKE
Dua merek
sepatu dengan nama brand yang besar yaitu adidas dan nike. Meski keduanya
merupakan sepatu dengan brand besar, namun memiliki perbedaan satu sama
lainnya. Di dalam blog ini kita akan memaparkan apa saja perbedaan kedua brand
ini, mulai dari Sejarah, kualitas hingga yang lainnya.
|
ADIDAS |
NIKE |
SEJARAH PERUSAHAAN |
Didirikan pada 18
Agustus 1949 Herzogenaurach, Jerman. Dengan nama pendiri Adolf "Adi" Dassler. Nama
adidas diambil dari singkatan dari nama pendiri, "Adi" dari Adolf
dan "Das" dari Dassler. |
Didirikan pada 25
Januari 1964 Beaverton Orengon, USA.
Dengan nama pendiri Phil
Knight dan Bill Bowerman. Nama Nike diambil dari nama dewi Yunani kuno Nike,
dewi kemenangan. |
STRATEGI PEMASARAN |
Adidas lebih fokus pada proses inovasi produk, nilai tinggi
dan kebutuhan konsumen. Mereka juga memperhatikan proses produksi,
insfrastruktur, dan teknologi terkini. Adidas juga menggunakan konten yang
energik dan memotivasi dalam kampanye iklannya, namun berkolaborasi dengan
merek dan desainer fashion. |
Nike memiliki fokus yang kuat pada
olahraga serta menargetkan atlet dan penggemar kebugaran melalui sebuah kampanye
pemasarannya. seperti Michael Jordan yang
menandatangani kontrak nya pada tahun 1984, untuk memperkuat mereknya. Mereka
juga menggunakan iklan di media sosial untuk terus meningkatkan keterlibatan dengan penggemar. Nike juga fokus pada
digitalisasi untuk pertumbuhan dan menyesuaikan pemasaran memenuhi era
digital |
PRODUKSI DAN PEMASOK |
Sepatu Adidas dibuat
khusus di China, India, Atlanta, Indonesia,
Thailand, Vietnam, Turki, Jerman, dan Atalanta. Adidas memiliki lebih dari
500 pabrik di lebih dari 55 negara. Sebagian besar sepatu dibuat di negara
Asia seperti Vietnam, Indonesia dan China. Vietnam memproduksi 44% dari
seluruh sepatu Adidas, diikuti oleh Indonesia sebesar 25%, dan Tiongkok
sebesar 19%. |
Sepatu Nike
merupakan Perusahaan Amerika, namunsepatunya tidak di produksi di negaranya
sendiri. Perusahaan ini memiliki lebih dari 40 negara dan sebagian besar
sepatu dibuat di Tiongkok dan Vietnam. Pabrikan Tiongkok memproduksi 23% dari
total produksi Nike, sementara Vietnam menyumbang 16% dari total produksi
Nike. Yang Sebagian besar adalah pakaian dan alas kaki. |
|
Adidas telah
menghadirkan beberapa inovasi produk, seperti Adidas Samba yang sekarang ini
mulai banyak sekali disukai oleh para penyuka sepatu Adidas, dikarenakan
looks nya yang classic dan vintage dan juga varian warnanya yang cukup banyak |
Nike juga telah
menghadirkan beberapa inovasi produk, seperti Nike Air Jordan yang sangat
banyak sekali peminatnya, dikarenakan desain yang menarik, kenyamanan dalam
memakai sepatu tersebut, dan tentunya juga varian warna yang cukup banyak
juga |
|
Adidas banyak
mensponsori team di acara seperti Piala dunia, Olimpiade, dan Euro. Dan
Adidas pun menjalin kemitraan dengan sang mega Bintang dunia sepak bola yaitu
Lionel Messi yang bersama Adidas sejak 2006. |
Nike dikenal
sebagai penyedia utama pakaian, alas kaki, dan seragam liga NBA sepanjang
waktu, dan Nike pun menjalin kemitraan dengan sang mega Bintang dunia sepak
bola lainnya yaitu Cristiano Ronaldo yang bersama Nike sejak 2003 |
|
Konsumen menilai
bahwa sepatu Adidas memiliki tampilan sepatu masa kini, popularitas brand
sepatu sangat terkenal, dan sepatu mempunyai kualitas. |
Konsumen menilai
bahwa sepatu Nike memiliki keunggulan dalam bahan sepatu yang berkualitas,
model yang disediakan sangat bervariasi, dan warna sepatu yang menarik. |
RENCANA MASSA DEPAN |
Adidas telah mengumumkan rencana untuk terus meningkatkan
fokusnya pada keberlanjutan dan berinvestasi dalam teknologi dan inovasi
untuk meningkatkan pengalaman para konsumen. |
Nike telah mengumumkan bahwa
memiliki rencana untuk menjadi lebih ramah lingkungan dan memperluas
kehadiran digitalnya, termasuk penggunaan teknologi augmented reality dan
personalisasi. |
Nike dan Adidas adalah brand ternama dalam
industri pakaian olahraga, namun mereka berdua memiliki beberapa perbedaan tersendiri
dalam hal desain, teknologi, dan citra merek. Nike memiliki reputasi sebagai perusahaan
yang inovatif dan sangat fokus pada performa dan teknologi, sedangkan Adidas
terkenal dengan desain klasik dan ikoniknya serta fokus yang kuat pada
keberlanjutan.
Referensi:
https://startuptalky.com/adidas-vs-nike/#Cool_Factor_of_Nike_and_Adidas
file:///C:/Users/milo/Downloads/jm_jis,+Jurnal+Triana+Masuku.pdf
Komentar
Posting Komentar