Computer Graphic Desain_Perbandingan Adidas dan Nike

 

                     PERBANDINGAN ADIDAS DAN NIKE

 

Dua merek sepatu dengan nama brand yang besar yaitu adidas dan nike. Meski keduanya merupakan sepatu dengan brand besar, namun memiliki perbedaan satu sama lainnya. Di dalam blog ini kita akan memaparkan apa saja perbedaan kedua brand ini, mulai dari Sejarah, kualitas hingga yang lainnya.

 

 

ADIDAS

NIKE

 


SEJARAH PERUSAHAAN

Didirikan pada 18 Agustus 1949 Herzogenaurach, Jerman. Dengan nama pendiri Adolf "Adi" Dassler. Nama adidas diambil dari singkatan dari nama pendiri, "Adi" dari Adolf dan "Das" dari Dassler.

Didirikan pada 25 Januari 1964 Beaverton Orengon, USA.  Dengan nama pendiri Phil Knight dan Bill Bowerman. Nama Nike diambil dari nama dewi Yunani kuno Nike, dewi kemenangan.

 




STRATEGI PEMASARAN

Adidas lebih fokus pada proses inovasi produk, nilai tinggi dan kebutuhan konsumen. Mereka juga memperhatikan proses produksi, insfrastruktur, dan teknologi terkini. Adidas juga menggunakan konten yang energik dan memotivasi dalam kampanye iklannya, namun berkolaborasi dengan merek dan desainer fashion.

Nike memiliki fokus yang kuat pada olahraga serta menargetkan atlet dan penggemar kebugaran melalui sebuah kampanye pemasarannya. seperti Michael Jordan yang menandatangani kontrak nya pada tahun 1984, untuk memperkuat mereknya. Mereka juga menggunakan iklan di media sosial untuk terus meningkatkan keterlibatan  dengan penggemar. Nike juga fokus pada digitalisasi untuk pertumbuhan dan menyesuaikan pemasaran memenuhi era digital

 

 

 

        PRODUKSI DAN                     PEMASOK 

    


Sepatu Adidas dibuat khusus di China, India,  Atlanta, Indonesia, Thailand, Vietnam, Turki, Jerman, dan Atalanta. Adidas memiliki lebih dari 500 pabrik di lebih dari 55 negara. Sebagian besar sepatu dibuat di negara Asia seperti Vietnam, Indonesia dan China. Vietnam memproduksi 44% dari seluruh sepatu Adidas, diikuti oleh Indonesia sebesar 25%, dan Tiongkok sebesar 19%.

Sepatu Nike merupakan Perusahaan Amerika, namunsepatunya tidak di produksi di negaranya sendiri. Perusahaan ini memiliki lebih dari 40 negara dan sebagian besar sepatu dibuat di Tiongkok dan Vietnam. Pabrikan Tiongkok memproduksi 23% dari total produksi Nike, sementara Vietnam menyumbang 16% dari total produksi Nike. Yang Sebagian besar adalah pakaian dan alas kaki.

 

 

 INOVASI PRODUK

Adidas telah menghadirkan beberapa inovasi produk, seperti Adidas Samba yang sekarang ini mulai banyak sekali disukai oleh para penyuka sepatu Adidas, dikarenakan looks nya yang classic dan vintage dan juga varian warnanya yang cukup banyak

Nike juga telah menghadirkan beberapa inovasi produk, seperti Nike Air Jordan yang sangat banyak sekali peminatnya, dikarenakan desain yang menarik, kenyamanan dalam memakai sepatu tersebut, dan tentunya juga varian warna yang cukup banyak juga

 

 

 KEMITRAAN DAN SPONSORSHIP

Adidas banyak mensponsori team di acara seperti Piala dunia, Olimpiade, dan Euro. Dan Adidas pun menjalin kemitraan dengan sang mega Bintang dunia sepak bola yaitu Lionel Messi yang bersama Adidas sejak 2006.

Nike dikenal sebagai penyedia utama pakaian, alas kaki, dan seragam liga NBA sepanjang waktu, dan Nike pun menjalin kemitraan dengan sang mega Bintang dunia sepak bola lainnya yaitu Cristiano Ronaldo yang bersama Nike sejak 2003

 

 PERSEPSI ATAU KOMENTAR KONSUMEN

Konsumen menilai bahwa sepatu Adidas memiliki tampilan sepatu masa kini, popularitas brand sepatu sangat terkenal, dan sepatu mempunyai kualitas.

Konsumen menilai bahwa sepatu Nike memiliki keunggulan dalam bahan sepatu yang berkualitas, model yang disediakan sangat bervariasi, dan warna sepatu yang menarik.

 

 

RENCANA MASSA DEPAN

Adidas telah mengumumkan rencana untuk terus meningkatkan fokusnya pada keberlanjutan dan berinvestasi dalam teknologi dan inovasi untuk meningkatkan pengalaman  para konsumen.

Nike telah mengumumkan bahwa memiliki rencana untuk menjadi lebih ramah lingkungan dan memperluas kehadiran digitalnya, termasuk penggunaan teknologi augmented reality dan personalisasi.

 

Nike dan Adidas adalah brand ternama dalam industri pakaian olahraga, namun mereka berdua memiliki beberapa perbedaan tersendiri dalam hal desain, teknologi, dan citra merek. Nike memiliki reputasi sebagai perusahaan yang inovatif dan sangat fokus pada performa dan teknologi, sedangkan Adidas terkenal dengan desain klasik dan ikoniknya serta fokus yang kuat pada keberlanjutan.

 


   
                                                 

Referensi:

https://startuptalky.com/adidas-vs-nike/#Cool_Factor_of_Nike_and_Adidas

file:///C:/Users/milo/Downloads/jm_jis,+Jurnal+Triana+Masuku.pdf

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Sosiologi